Saturday 26 January 2013

tehnik psikologi MENGETAHUI ORANG YANG MAU MEMANIPULASI KAMU

SALAM MIpsi,,,
para pembaca yang budiman.. pada kesempatan kali ini saya akan kembali memberikan tehnik-tehnik yang berguna dalam ranah psikologi, yang diharapkan mampu menjadi alat bantu menjalani berbagai persoalan hidup ini. yang perlu diketahui, mempelajari berbagai tehnik psikologi berikut ini seperti halnya mengucap sebuah mantra seperti "bim salabim jadi apa,, prok,,, prok,, ", jadi jangan tanamkan dipikiran bahwa ini sulit, cukup baca, cermati, lalu praktekan ketika kita sedang menghadapi masalah serupa. nah, mari kita bahas sesuai judulnya, postingan ini tujuannya sebagai sarana agar kita terhindar dari para penipu yang kini marak berkeliaran.  chek this out,,

kita sebagai manusia pastinya mempunyai akal serta keinginan, dan pastinya kita ingin itu bisa tercapai, namun bagaimana bila ada orang lain yang mencoba menghentikan keinginan kita dan orang tersebut ingin memanfaatkan kita demi tujuannya semata, dan lebih parahnya lagi orang itu bisa memanipulasi kita dan
kita tidak menyadari. ada tujuh faktor yang dipakai manipulator untuk mengalihkan logika kita ke emosi yang sebenarnya lapangan emosi itu sudah dibuat manipulator untuk keuntungannya. 7 faktor itu adalah : rasa bersalah, intimidasi, pemancingan ego, rasa takut, rasa ingin tahu, hasarat ingin disukai, dan cinta. dibawah akan diberikan contoh dari masing-masing faktor tersebut, berbentuk kalimat yang biasanya mempengaruhi emosi kita sehingga kita dapat meninggalkan logika yang kita miliki.

1. rasa bersalah ; " tega kamu, kamu membuatku kecewa karena tidak mempercaaiku? aku tidak tau lagi siapa sebenarnya kamu?"

2. intimidasi ; "apa masalahnya? apakah kamu tidak percaya diri dengan keputusanmu, kau bisa menyesal kalau tidak cepat!"

3. pemancingan ego ;" kamu terlihat cerdas, kalau kamu yang melakukan pasti bisa lebih baik? jadi bagaimana mungkin kamu melewatkan kesempatan ini? "

4. rasa ingin tahu ;"ayo coba lakukan saja, hidup hanya satu kali dan kamu tidak akan tau kalo tidak mencoba, lagian kalau gagal anggap saja pengalaman kan..?"

5. rasa takut; " ayolah, aku sudah mengatakan ini adalah kesempatan terakhirmu? kamu pasti akan dikejar rasa bersalah nanti karena melewatkan kesempatan ini."

6. rasa ingin disukai ;" sangat mengecewakan kalau kamu tidak melakukan apa yang kamu katakan, tak akan ada yang suka dengan orang yang mundur sebelum mencoba."

7. cinta ;"jika kamu mencintaiku, kamu akan melakukan itu tentunya"

diatas adalah faktor beserta contoh aplikasinya yang bisa sering dipakai untuk memanipulasi logika kita. coba saja kita bayangkan saat kita diajak teman berjudi, secara logika kita mngetahui judi tidak baik. tapi ketika teman kita memakai kalimat manipulasi seperti kata-kata pada nomor 3, 4, 6, bisa jadi kita logika kita akan diambil oleh emosi yang sebenarnya sudah dimanipulasi sebelumnya. kini lanjut CARA MENGATASI.

CARA UNTUK MENGATASINYA:
simaklah secara objektif, bukan hanya kata-kata saja tapi maksud yang disampaikannya. paduan kata0kata diatas itu sangat bisa mengacaukan kemampuan sahabat dalam menyelami fakta. jadi ketika emosi sudah merasuki sahabat, tahan sejenak lalu perhatikan pemberi pean maupun isi pesan tersebut. apabila kata-katanya ada yang mirip seperti diatas, tinjau kembali fakta-fakta aslinya dari maksud yang dia katakan. intinya jangan gegabah, agar sahabat tidak menjadi korban.

No comments: